Bagian-bagian dari Konstruksi Tambak

Usaha tambak di Indonesia sangat banyak salah satu contoh tambak yang kita bahas adalah budidaya udang. Budidaya udang sangat menggiurkan karena keuntungan yang banyak, semakin banyak orang yang mencoba peruntungan bisnis ini. Terlihat dari banyaknya lokasi tambak yang baru dibuat. 

Lokasi tambak berada di pesisir pantai di seluruh indonesia, paling banyak di daerah pantai selatan dan sumatera barat. Meskipun semakin banyak tambak baru yang di buat tidak memungkiri adalah salah satu perusahaan besar bangkrut. Karena itu membuat tambak harus diperhatikan betul – betul lokasi dan juga konstruksi tambaknya, agar berdiri tegak dengan waktu yang lama.

Sebelum kita memasuki konstruksi tambak, akan dijelaskan terlebih dahulu aspek – aspek penting dalam pembuatan konstruksi tambak, apa aja?? seperti berikut ini:

Aspek – Aspek Konstruksi Tambak

1. Tandon

Sebelum air di masukan ke tambak harus disterilkan terlebih dahulu agar terhindar dari hama dan virus. Tandon biasanya terbuat dari bahan fiberglass, stainless, dan polyethylene.

2. Kanal

Kanal atau selokan adalah tempat yang berfungsi untuk mengairi tambak. Disalurkan ke tambak dengan melewati saluran yang kecil. 

3. Inlet

Inlet adalah pintu air masuk. Air yang dari tandon turun melalui pipa dan masuk melalui pintu air masuk.

4. Outlet

Outlet adalah perbedaan dari inlet, kalau inlet pintu air masuk dan outlet pintu air keluar. Air yang ada di tambak akan keluar melalui pintu air keluar yang menuju ke kanal.

5. Central Box

Central box adalah tempat pembuangan sisa – sisa makanan yang ada di tengah kolam.

6. Anco

Anco adalah alat untuk melihat perkembangan yang ada di tambak dan mengetahui nafsu makan yang baik atau buruk.

7. Kincir

Kincir adalah alat pembuat gelembung yang di dalamnya terdapat oksigen agar tetap hidup dan berfungsi untuk mensirkulasikan air tambak.

8. Kolam Treatment Limbah

Kolam treatment limbah adalah air limbah sebelum di buang sebaikan di endap terlebih dahulu agar tidak mencemarkan alam.

9. Bio-Security

Bio-security adalah pencegah terhadap penyakit.

10. Aspek lainnya:

  • Genset
  • Gudang Makanan
  • Tempat Tinggal dan lain – lain. 

Konstruksi Tambak

Berbentuk bujur sangkar ukuran panjang 50 meter dan lebar 50 meter, luas per petak tambak 2.500 m2. Untuk tanggul tambak menggunakan harflek yaitu terbuat dari asbes rendah yang digunakan untuk dinding bangunan.

Harflek dipasang memanjang pada bagian dalam dinding tambak dan setiap sambungan diperkuat dengan batako semen. Sebelum haflek dipasang dasar dan dinding dilapisi lapisan plastik.

Konstruksi tambak sengaja dibuat miring, perbandingannya 1 : 1 – 1 : 1,5. Pematang pasir dipadatkan agar tetap stabil dan kuat. Agar lebih mudah dan kuat konstruksi dinding di dasar dindingnya diberi konstruksi selebar 1 meter dari plester.

Agar tambak mudah dibersihkan dari sisa – sisa makanan selama pemeliharaan dasar tambak harus dibuat miring ke tengah dengan kemiringan mencapai 1 – 2%. Setelah itu di tengah tambak di buat konstruksi pengeluaran air. Konstruksi pengeluaran air di buat dari tower, saringan, dan pipa.

Dan untuk pemasukan air di buat di atas pematang tambak yang tersambung oleh sumber air sungai. Konstruksi pemasukan air terbuat dari bata merah yang mempunyai lebar dan tingginya sama 0,5 m, dan bagian dasarnya diperkuat menggunakan pondasi.

Terimakasih…. stay safe ya.