Begini Loh Prosedur Pendaftaran Merek yang Baik dan Benar!

Merk atau brand tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar namun pebisnis yang baru merintis bisnis dan usaha pun harus memiliki merknya tersendiri.  Merk merupakan pembeda antara bisnis Anda dengan yang lain. Merk juga menjadi identitas dalam bisnis Anda sehingga penting sekali untuk mendapatkan perhatian lebih.

Fungsi utama dari merk adalah penanda barang atau jasa dan membedakan dengan barang atau jasa yang lain. Fungsi lainnya adalah sebagai representasi dan reputasi produk maupun penghasil dari barang maupun jasa yang dimaksud. Dengan brand tersebut, konsumen bisa mudah mengingat barang atau jasa Anda menjadi lebih spesifik. Bagi Anda yang ingin mendaftarkan merk dagang Anda, berikut adalah prosedur pendaftaran merk yang harus Anda perhatikan.

jasa pendaftaran merek

Membuat Permohonan ke DJKI

Hal yang bisa Anda lakukan pertama adalah melayangkan permohonan ke DJKI atau Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual di kantor wilayah yang dekat. Anda bisa melakukan permohonan secara online dengan mengunjungi website resmi.

Isi Form Pendaftaran

Prosedur pendaftaran merk selanjutnya yang bisa dilakukan isi form pendaftaran Menteri Hukum dan HAM. Jika Anda menyerahkan ke jasa pendaftaran merk, maka pihak jasa yang akan mengurus form pendaftaran. Jika Anda mengurus pendaftaran seorang diri, Anda harus mengisi formulir pendaftaran dan lengkapi dokumen persyaratan.

Permohonan tinggal menunggu pengumuman resmi paling lambat 15 hari setelah Anda melakukan pendaftaran pertama kali. Selama masa pengumuman, orang lain dapat mengajukan keberatan atas merk Anda. Selain itu bisa melayangkan bantahan atas keberatan dari orang lainnya.

Tunggu Hasil Pemeriksaan Substantif

Jika pengumuman berakhir, tahap terakhir adalah pemeriksaan substantif. Pada tahap ini bisa diputuskan tentang persetujuan pendaftaran merk dagang Anda. Waktu yang dibutuhkan ini paling lambat 150 hari sejak pemeriksaan substantif. Keputusan yang dihasilkan adalah tentang diterima atau ditolak merk dagang Anda. Jika hasilnya menilai tidak lolos, kamu dapat mengajukan banding kepada Komisi Banding Merek. Jika Anda lolos, maka Menteri Hukum dan HAM akan menerbitkan sertifikat merek.

Permohonan Banding Merk

Untuk pemohon yang permohonannya ditolak bisa melakukan banding kepada Komisi Banding merk dan tembusan disampaikan ke KEMENKUMHAM. Permohonan itu dibuat untuk menjelaskan secara lengkap keberatan dan penolakan dengan tertulis.

Permohonan banding terhadap penolakan pendaftaran merk ini diajukan di dalam jangka waktu paling lama 90 hari dihitung sejak tanggal pengiriman surat pemberitahuan penolakan dari pendaftaran merk.

Keputusan dari Komisi Banding merk akan keluar paling lama adalah tiga bulan. Hal ini terhitung dari tanggal penerimaan dan permohonan banding merk. Apabila komisi banding merk ini mengabulkan permohonan banding maka Menteri Hukum dan HAM kemudian menerbitkan dan juga memberikan sertifikat kepada pemohon atau kuasa.

Bagi pemula, pendaftaran merk ini menjadi hal yang menantang. Maka tidak mengherankan jika banyak pebisnis yang menyerahkan pendaftaran merk ini ke jasa pendaftaran merek yang lebih cepat dan praktis.