Benarkah Minum Es Saat Haid Berbahaya?

Diantara kalian mungkin ada yang pernah dilarang meminum es saat sedang menstruasi, sehingga banyak yang menghindari minum es. Menstruasi adalah proses meluruhnya dinding Rahim yang keluar menjadi darah. Banyak yang bilang kalau minum es bisa menyebabkan darah jadi membeku atau bahkan menyebabkan kista karena membuat darah mengendap di dalam rahim.

Pernyataan itu benar atau tidak sih? Faktanya, minum es tidak menyebabkan darah menjadi beku adan tidak membuat munculnya kista. Siklus  menstruasi wanita dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis seusatu wanita.

Minuman dingin tidak memengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan juga tidak memengaruhi siklus menstruasi. Kita boleh saja meminum air dingin saat haid. Sebab, air masuk ke saluran pencernaan, sedangkan darah haid berasal dari tempat lain.

 
Ada beberapa kasus wanita mengkonsumsi air dingin saat haid memang bisa membuat rasa nyeri pda tubuh semakin parah. Namun, tidak semua wanita mengalami peristiwa yang sama. Ada yang lebih ingin meminum air dingin karena ingin membuat tubuhnya terasa lebih segar. Masing masing perempuan mempunyai masalah yang berbeda-beda saat mereka sedang haid.

Nah bagaimana dengan kamu? Apakah merasakan nyeri  saat minum air dingin? Meskipun dalam kesehatan tidak dilarang meminum air dingin saat haid, beberapa dokter menyarankan untuk mengkonsumsi air hangat saat menstruasi, karena air hangat dapat membantu meringankan rasa sakit serta mengurangi kram saat menstruasi.

Tubuh pun akan menjadi lebih nyaman sehingga badan terasa lebih baik. Selain dengan rutin meminum air hangat, kaum wanita juga dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan saat sedang haid  seperti yoga. 

Memang, minuman dingin banyak disukai khususnya bagi kaum hawa. Namun, menurut penilitian  minum air dingin dapat merusak keseimbangan tubuh dan juga mempengaruhi kesehatan kulit kamu, terlebih jika kamu sedang dalam masa menstruasi. Penyerapan gizi di usus selama kamu menstruasi dapat terganggu akibat minum air dingin.  

Beberapa penelitian mengatakan bahwa minum air dingin dapat mengakibatkan penurunan suhu di usus kamu sehingga nutrisinya sulit untuk diserap. Selain itu, minum air dingin juga dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat. Jadi, anggapan minum es dapat membuat darah beku dan munculnya kista itu hanyalah mitos.

Walaupun begitu, ada baiknya kita lebih rutin mengkonsumsi air hangat saat dalam fase menstruasi. Semoga informasi yang diberikan  tadi bermanfaat untuk kita semua ya! Dapatkan informasi lengkap di https://synergyofficial.co.id.