Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika

Saat ini banyak sekali cara menguasai rumus cepat matematika yang bisa diperoleh kumpulan dari soal SBMPTN Matematika Dasar atau soal SBMPTN Matematika IPA yang dapat ditemui melalui buku yang dijual di berbagai toko buku, serta dapat anda temukan banyak soal dan pembahasan di internet.

Tentunya dengan berlatih mengerjakan soal – soal ini dapat membantu anda untuk dapat mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi terutama di bangku universitas, selain itu juga dapat membantu anda dalam mempersiapkan diri anda untuk masuk ke dalam dunia kerja setelah nanti anda lulus dari universitas pilihan anda.

Berikut ini akan dibahas bagaimana cara untuk dapat menguasai rumus cepat matematika yang dapat anda pelajari.

Menemukan Metode Belajar Matematika

Pada soal SBMPTN Matematika Dasar dan soal SBMPTN Matematika IPA terdapat berbagai pembahasan untuk mengetahui berbagai cara cepat untuk mengetahui rumus matematika sesuai tingkatan. Namun tak semua orang bisa memahami hal yang diperlukan untuk bisa menguasai rumus matematika adalah dengan menemukan metode yang tepat.

Metode tersebut bisa dengan cara mengetahui strategi untuk menyelesaikan soal dengan rumus langsung. Metode kedua bisa dengan pembelajaran dengan lewat pemecahan masalah. Metode ketiga menghafalkan rumus matematika sesuai tingkatan, kemudian berlatih dan metode lain yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari dan mengetahui trik – trik yang digunakan untuk dapat menyelesaikan soal – soal matematika, dapat mengerjakan dengan mulai dari yang paling mudah dulu.

Cara Mudah Menguasai Matematika Dasar

Cara menguasai rumus cepat matematika, anda dapat mengikuti cara – cara berikut ini untuk bisa menguasai matematika dasar. Ata bila anda memiliki cara yang lebih baik anda dapat menerapkannya untuk dapat mengerjakan soal – soal matematika.

Menggunakan Jari Untuk Menghitung Perkalian 6 – 9

Untuk dapat menghitung jawaban 7×8, anda dapat menghitung dengan cara seperti berikut 10-7=3. Anda dapat menggunakan 3 jari kiri sebagai angka satuan, 2 jari di kanan juga dapat menjadi satuan. Anda akan mendapatkan 2×3=6, lalu sisa jari ada 2+3=5 sehingga anda akan mendapatkan jawaban 56.

Cara Cepat Menghitung Persentase

Bagi anda yang kesulitan menghitung persentase, terdapat cara cepat untuk dapat mengerjakannya. Misalkan terdapat soal 40%x300 anda bisa mengerjakan dengan cara 4×30=120 dengan menghilangkan satu angka 0 anda sudah bisa mendapat hasilnya.

Cara Mengingat nilai Phi

Phi adalah salah satu rumus yang sering digunakan dalam matematika. Terkadang banyak yang lupa dengan berapa nilai Phi. Untuk mengingatnya cukup mudah, anda bisa menerapkan ilmu yang sering dipakai orang luar negeri dengan menghafal kalimat May I Have A Large Container Of Coffee. Nilai Phi bisa anda dapatkan dengan menghitung banyaknya jumlah abjad dalam kalimat tersebut. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan.

Membuat Rumus Sendiri

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk dapat mengingat dan mengetahui rumus matematika adalah dengan membuat rumus sendiri. Rumus yang dibuat sendiri tentu lebih memiliki kemudahan dan cara yang lebih simpel untuk dilakukan. Namun membuat rumus sendiri tidak bisa sembarangan, karena rumus yang anda buat juga harus berdasarkan pada rumus – rumus asli yang digunakan. Sehingga anda dapat meringkas rumus tersebut menjadi lebih mudah untuk anda gunakan serta bisa anda terapkan untuk mengerjakan soal – soal matematika yang mungkin anda rasa cukup sulit untuk dilakukan.

Masih terdapat berbagai cara untuk dapat menguasai rumus matematika dari yang dasar hingga yang sulit. Bagi anda yang ingin bisa menguasai rumus matematika, salah satu caranya bisa anda peroleh dengan latihan. Edutore by Gramedia menjadi salah satu sumber untuk anda bisa menemukan buku atau referensi untuk menguasai rumus matematika.

Edutore by Gramedia adalah web untuk anda bisa menemukan buku online. Terdapat buku soal SBMPTN Matematika Dasar dan soal SBMPTN Matematika IPA yang bisa anda dapatkan untuk menambah wawasan pengetahuan anda mengenai matematika dasar hingga yang sulit.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menguasai rumus cepat matematika. Untuk dapat semakin menguasai rumus matematika, terutama bagi anda yang ingin masuk PTN pilihan anda bisa berlatih dengan soal SBMPTN Matematika Dasar dan soal SBMPTN Matematika IPA, soal biologi kelas 10, materi biologi kelas 11 yang bisa anda peroleh melalui Edutore by Gramedia.