Estimasi Biaya Buat Rumah Ukuran 6×9 Minimalis

Rumah ukuran 6×9 merupakan salah satu jenis yang banyak diminati orang karena bentuknya yang minimalis. Untuk membuat rumah model ini, tentunya diperlukan perhitungan yang sangat cermat. Estimasi biaya buat rumah ukuran 6×9 juga terbilang minim dibanding dengan model yang lainnya. Karena itu, terdapat beberapa hal penting harus diperhatikan saat membuat perencanaan rumah ini.

 

  • Persiapan lahan

Persiapan lahan merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan apabila ingin memiliki rumah 6×9. Apabila Anda belum memiliki lahan tersebut, sebaiknya beli mulai dari sekarang karena lama-kelamaan harga dari tanah akan naik. Setidaknya Anda harus menyediakan  Rp 80.000.000. Namun itu bukan patokan, karena harga tanah ditentukan oleh banyak faktor.

 

  • Proses pembangunan

Proses pengerjaan pembuatan rumah dari awal hingga akhir juga sangat diperhatikan. Anda harus bisa membuat estimasi biaya membangun rumah ukuran 6×9 dari segi materialnya. Karena material yang dibutuhkan untuk membangun tersebut sangatlah banyak dan harganya juga tidak murah. Mulai dari pekerjaan awal hingga finishing

 

Apabila Anda sudah mulai mendesain rumah minimalis dengan bantuan dari seorang arsitek, tentunya material-material apa saja yang dibutuhkan beserta harganya. Apabila ingin membuat rumah dengan ukuran tersebut setidaknya Anda harus mempersiapkan dana sebesar Rp 100.000.000,00.

rumah 6x9

  • Tenaga Kerja

Tenaga kerja dalam proses pembangunan juga perlu dihitung dengan baik. Anda bisa menggunakan tenaga harian atau borongan tergantung dengan selera dan kebutuhan. Kebanyakan orang akan menggunakan tenaga harian karena dirasa cukup murah ketimbang borongan.

Umumnya, upah harian dipatok dengan harga Rp 100.000,00 hingga 150.000,00 per hari untuk satu orang pekerja. Sedangkan biaya borongan biayanya kurang lebih sebesar Rp 500.000,00 per m2 untuk semua pekerja. Sehingga upah yang harus Anda siapkan adalah 63 m2 x Rp 500.000,00 = Rp 3.150.000,00.

 

Dengan menggunakan estimasi biaya buat rumah ukuran 6×9 tersebut, pastinya berbeda-beda tergantung wilayahnya masing-masing. Sedangkan biaya material yang dibutuhkan juga beragam tergantung dari pemilihan Anda. Setiap penggunaan material juga berdasarkan desain dari rumah 6×9 yang Anda inginkan. Agar lebih sempurna, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan yang sudah ahli di bidangnya.

Jika anda mempunyai lahan lebih, bisa membaca biaya pembangunan rumah dengan ukuran 10×15 yang lebih lengkap di https://www.baleagung.com/biaya-pembangunan-rumah-ukuran-10×15/