Faktor Penyebab Air Sumur Bor Membutuhkan Penyaringan

Untuk memperoleh air sebagai kebutuhan sehari-hari maka biasanya masyarakat akan membuat sumur baik itu sumur bor ataupun sumur galian. Tetapi untuk sumber air yang lebih lancar maka anda bisa memilih membuat sumur bor saja. Pengambilan air tanah memakai sumur bor terbukti lebih murah, sehat dan efisien dalam jangka panjang. Namun tak bisa dipungkiri air tanah yang berasal dari sumur tersebut juga mengandung berbagai mineral yang terlarut di dalamnya. Hal inilah yang akan membuat air sumur bor tersebut menjadi berwarna, berbau, berminyak dan masalah lainnya. Bila sudah demikian maka air sumur bor membutuhkan penyaringan menggunakan penyaring air sumur bor.

Tujuan dilakukannya penyaringan pada air sumur bor adalah untuk menghilangkan endapan yang terlarut di dalam air sumur tersebut. Alat penyaring air sumur bor tersebut biasanya diletakkan saat air sumur disedot memakai mesin jetpump. Dimana air sumur tersebut akan melalui filter kassa sebelum dialirkan ke tampungan atau tandon. Melalui filter inilah air sumur bor semakin bersih dan jernih. Tetapi jika air masih berbau, berminyak dan berwarna maka anda bisa penyaring dari bahan sederhana atau bisa juga memakai tawas, zeolit, arang dan kaporit.

Dibalik kondisi air sumur yang berbau, berwarna, berminyak dan keruh tersebut ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Mungkin selama ini anda kurang begitu menyadari beberapa faktor penyebab tersebut. Berikut akan dijelaskan faktor penyebab air sumur bor membutuhkan penyaringan yang perlu anda ketahui.

penyaring air sumur bor

Baca juga: Ahli Sumur Bor Makassar

1. Jarak Sumur Bor dengan Septictank
Perlu anda ketahui bahwa semakin dekat jarak antar septictank dan sumur bor yang terlalu dekat akan membuat air sumur tersebut terkontaminasi oleh mikroba. Tentu kondisi ini sangat berbahaya dan membuat air sumur menjadi berbau.

2. Jenis Tanah Penyusun di Atasnya
Saat air masuk ke dalam tanah melewati pori-pori tanah pasti akan melarutkan mineral penyusun tanah di atasnya. Saat tanah penyusun mempunyai kandungan besi yang tinggi maka akan menyebabkan air sumur tersebut berwarna kekuningan.

3. Jenis Sumber Air Tanah
Jenis air tanah juga bisa mempengaruhi kualitas air sumur bor yang dihasilkan. Sebab jenis air tampungan biasanya berasal dari air hujan yang selanjutnya air hujan tersebut akan ditampung pada area tertentu serta dibiarkan larut ke dalam tanah. Air tanah tampungan tersebut memang berkualitas namun sedikit asam akibat kandungan air hujan yang memang sifatnya sedikit lebih asam.

4. Kedalaman Sumur
Kedalaman sumur bor ternyata juga sangat berpengaruh pada kualitas air sumur tersebut. Hal ini berkaitan dengan proses filtrasi alami di dalam tanah yang semakin dalam maka kualitas air sumur tersebut juga semakin baik dan jernih. Sehingga biasanya pada wilayah tertentu membutuhkan kedalam sumur yang lebih dalam supaya air yang didapatkan benar-benar jernih.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor penyebab air sumur bor perlu penyaringan yang bisa menambah wawasan anda. Dengan memahami penjelasan di atas tentu kini anda bisa semakin sadar untuk menggunakan penyaring air sumur bor supaya air sumur tersebut semakin layak dipakai dan dikonsumsi.