Hal Yang Diperlukan Untuk Pembongkaran Gedung

Tak jarang kita menemukan bangunan yang sedang dirobohkan, pembokaran tersebut dengan tujuan yang berbeda-beda. Tapi tidak semua pembongkaran tersebut membutuhkan alat berat. Jika pembongkaran bangunan kecil seperti rumah dapat dilakukan dengan alat konstruksi yang sederhana. Tetapi beberapa gedung yang bertingkat atau luas membutuhkan pembongkaran dengan alat-alat berat. Pada artikel berikut kita akan membahas mengenai hal apa saja yang diperlukan untuk pembongkaran gedung.

4 SYARAT PEMBONGKARAN BANGUNAN

Membangun sebuah gedung memang membutuhkan biaya yang besar, begitu juga dalam merobohkan. Untuk alasan keamanan , factor dibawah ini yang membuat bangunan harusan dirobohkan :

  • Bangunan yang Berusia Tua

Bangunan lama atau yang sudah berusia cukup tua direkomendasikan untuk dihancurkan. Karena bangunan tua tersebut berpotensi untuk runtuh, rentan terhadap goncangan, sehingga membahayakan lingkungan sekitar. Biasanya pembongkaran ini dilakukan pada bangunan bekas pabrik atau gedung bertingkat.

  • Gedung Berubah Fungsi

Bangunan yang akan berganti fungsi, beberapa bagian tidak mendukung operasional tersebut. Untuk itu dibutuhkan pembongkaran, seperti bangunan perkantoran yang beralih fungsi untuk bangunan pabrik.

  • Kegagalan Struktur Desain Bangunan

Pekerja bangunan juga tidak salah dalam membangun sebuah gedung. Gedung yang berakhir dengan hasil miring, terpaksa harus dibongkar. Hal ini pun bisa disebabkan karena pembangunan pondasi yang tidak baik sehingga menyebabkan bangunan miring. Jika kemiringan lebih dari toleransi, maka bangunan tersebut terpaksa dibongkar.

  • Bangunan Ilegal Atau Ijin Bangunan yang Tidak Sesuai Dengan Fungsinya

Alasan ini sudah jelas karena bangunan memiliki masalah pada perijinan dan legalitasnya. Jika secara peraturan sudah tidak benar, maka bangunan tersebut akan dilakukan pembongkaran setelah melalui proses hukum.

Pembongkaran Gedung

Khusus untuk bangunan-bangunan yang besar, akan membutuhkan alat-alat berat dalam proses pembongkarannya. Contohnya godam, excavator, bola penghancur, crane tower, dan alat berat lain yang mendukung dan mempermudah untuk penghancuran beton.

Memperhatikan metode dan alat yang digunakan dalam membongkar beton diperlukan keahlian khusus. Hal tersebut ditujukan agar beton yang masih kuat dapat dibangun dan diperbarui lagi. Pekerja tidak perlu membangun Kembali dari 0, cukup menambahkan dari bagian yang masih ada. Jasa pembongkaran beton akan memperhatikan kondisi bangunan, struktur dari bangunan, usia bangunan, dan seberapa tinggi bangunan.

BERBAGAI METODE PEMBONGKARAN BETON

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor di atas, metode alam membongkar beton perlu diperhatikan agar tidak memakan waktu lama dan biaya besar. Sebuah perusahaan juga akan menawarkan jasa pembongkaran beton murah sesuai dengan cara membongkarnya. Berikut bermacam-macam metode pembongkaran beton yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Top down manual

Pembongkaran akan dilakukan oleh pekerja dari tingkat paling atas. Setiap lantai yang dibongkar dibutuhkan ketelitian dari pekerja agar proses pembongkaran aman.

  • Pembongkaran top down by machine

Pembongkaran dilakukan oleh mesin seperti hydraulic stone crusher dari tingkat paling atas ke paling dasar. Untuk memindahkan mesin ke setiap lantai yang akan di bongkar dibutuhkan alat bernama ramp atau crane.

  • Dengan mekanikal

Seluruh proses pembongkaran dilakukan oleh mesin atau alat-alat konstruksi berat. Lokasi gedung yang padat atau ramai tidak bisa menggunakan metode ini karena akan meningkatkan resiko kecelakaan atau ketidakamanan.

  • Metode wrecking ball

Wrecking ball adalah sebuah bola baja yang dikaitkan dengan crane. Penggunaan metode ini direkomendasikan untuk bangunan yang tingginya lebih dari 21 karena terbilang cukup efektif. Selain itu lokasi pembongkaran harus luas.

Berikut pembahasan mengenai jasa pembongkaran gedung yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

 

Terimakasih . . .