Ingin Kuliah dengan Beasiswa Unggulan? Simak Cara Pendaftarannya Berikut!

Semakin berkembangnya jaman ternyata semakin banyak pula persaingan ketat dari sumber daya manusia. Hal itu terjadi di dalam negeri, untuk persaingan sampai ke luar negeri pasti akan lebih ketat lagi. Inilah kenapa pemerintah mencoba untuk membantu dalam persiapan generasi yang baik kedepan dengan menawarkan sejumlah beasiswa unggulan yang bisa memberikan fasilitas. Program tersebut umumnya terdiri dari 3 jenis mulai dari beasiswa masyarakat berprestasi, beasiswa 3T dan ada lagi beasiswa pegawai kemendikbud. Tujuan peningkatan SDM akan lebih baik melalui beberapa program tersebut.

Selain sebagai peningkatan SDM karena semakin besarnya persaingan di luar, pemerintah juga mengatakan jika program tersebut bertujuan untuk memberikan peluang kepada masyarakat yang lebih besar supaya tidak mempunyai kesenjangan kinerja pendidikan antara satu dengan lainnya. Karena pada program itu akan memberikan peluang kepada mereka masyarakat kurang mampu atau tertinggal tetapi mempunyai keyakinan, niat dan prestasi baik untuk kedepannya. Jika Anda berniat untuk menjadi salah satu pesertanya, bisa langsung daftarkan diri. Tahun ini telah dibuka kembali oleh pemerintah jadi jangan sia-siakan kesempatan.

Sumber gambar : daftarbeasiswa.com

Sumber gambar : daftarbeasiswa.com

 

Sebelumnya Anda perlu paham terlebih dahulu jika beasiswa dari pemerintah atau unggulan, untuk pendaftaran harus melalui beberapa tahapan penting didalamnya. Kurang lebih ada 4 tahapan penting, tahap pertama ada beberapa ketentuan atau syarat seperti :

  1. Membaca informasi
  2. Melakukan registrasi terlebih dahulu melalui sistem online, umumnya proses ini hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit. Kemudian untuk aktivasi pengiriman hanya perlu selama 1 menit
  3. Buka email untuk melakukan aktivasi pada akun yang didaftarkan saat registrasi, bila selama 30 menit link tidak muncul bisa langsung klik tombol bantuan
  4. Lakukan login untuk menggunakan akun yang telah didaftar dan juga diaktivasikan, umumnya pemberian waktu selama 1 menit
  5. Dilanjutkan dengan melakukan pengisian form pendaftaran beasiswa unggulan, isi sesuai dengan data yang valid. Jika sudah melengkapi data sesuai, Anda akan mendapatkan nomor registrasi. Pada tahapan ini bisa dilakukan kurang lebih 3 minggu untuk masuk pada tahapan berikutnya

 

Diatas barulah tahap pertama dalam pendaftaran, jika Anda sudah selesai lanjut pada tahapan kedua. Tetapi untuk bisa ke tahap selanjutnya Anda harus menunggu terlebih dahulu hasil seleksi dari tahap pertama. Jika peserta dinyatakan tidak lulus bisa langsung mengikuti langkah melalui batch 2 pada tahun depan. Tetapi jika sudah dinyatakan lulus, bisa langsung masuk pada tahapan berikutnya yaitu sesi seleksi secara tatap muka tetapi melalui email.

Bagi yang tidak hadir dalam tahap 3 dianggap mengundurkan diri, umumnya waktu diberikan selama 24 jam dan ada waktu kurang lebih 3 minggu untuk masuk pada tahapan berikutnya. Lalu masuk pada tahapan yang terakhir, dimana ini merupakan pengumuman akhir bisa dilihat langsung melalui akun atau bisa juga email. Peserta yang sudah dinyatakan lolos bisa langsung melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek. Umumnya waktu yang diberikan kepada peserta antara 24 jam, begitu pula bagi yang tidak hadir sudah dianggap mengundurkan diri dari proses seleksi.

Nah, itulah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk bisa masuk menjadi peserta beasiswa unggulan dari pemerintah. Ingat, untuk memiliki satu tiket beasiswa tidak mudah jadi perlu kerja keras dan usaha yang baik. Tidak semua orang bisa masuk dan terpilih, jadi Anda harus memaksimalkan usaha terlebih dahulu supaya bisa menjadi salah satunya. Semoga tahapan pendaftaran diatas bisa membantu Anda yang berniatan untuk masuk menjadi peserta dalam beasiswa pemerintah. Sekian, semoga bermanfaat.

 

Informasi ini dipersembahkan oleh : IDP regional Indonesia