Inilah 5 Tips Sukses Tembus SBMPTN 2020/2021

Mendekati ajaran baru 2020/2021, pasti kalian yang sudah lulus sekolah menengah atas atau kejuruan sedang mempersiapkan ke jenjang berikutnya. Tidak sedikit siswa yang mendaftarkan kuliah melalui jalur SNMPTN atau lebih dikenal dengan jalur undangan. Namun, bagi kalian yang belum berhasil dalam jalur SNMPTN, tidak perlu khawatir karena masih banyak jalur lain, misalkan SBMPTN dan Mandiri.

Jalur yang dapat menjadi alternatif utama dalam memasuki dunia perkuliahan yaitu SBMPTN. SBMPTN memiliki kepanjangan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, meskipun kesannya hampir sama dengan SNMPTN, tapi pada prosesnya sangatlah berbeda. Pada seleksi jalur SBMPTN kalian harus mengikuti serangkaian ujian tertulis berbasis komputer atau disingkat UTBK, sedangkan SNMPTN kalian diharuskan memasukkan nilai dan selanjutnya diseleksi pihak kampus.

Dengan adanya serangkaian tes dari penyelenggaraan SBMPTN, maka perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari latihan mengerjakan soal dan beberapa persiapan-persiapan lainya. Selain itu, tidak sedikit juga siswa yang lulus dari SBMPTN mereka benar-benar memiliki kemampuan di bidangnya. Hal ini ditunjukkan dari ujian tertulis yang mereka lakukan. Oleh sebab itu, agar kalian mampu berhasil dalam menghadapi ujian tersebut, maka simaklah beberapa tips sukses tembus SBMPTN di bawah ini.

Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Langkah awal yang harus kalian lakukan sebelum mendaftar SBMPTN yaitu, memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Hal ini sangatlah penting karena mempengaruhi motivasi belajar dan membuat kalian mampu mengembangkan potensi yang sudah ada. Selain itu, memudahkan kalian juga dalam melakukan latihan soal karena memang sudah minat sejak awal.

Mengikuti Latihan Soal Untuk Mengasah Kemampuan

Tips sukses tembus SBPMTN berikutnya yaitu mengikuti latihan soal untuk mengasah kemampuan dalam mengerjakan soal-soal. Selain itu, tidak ada salahnya juga membentuk tim belajar dengan teman. Perlu kalian tahu juga, latihan soal atau try out ini sangatlah penting dalam mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam memahami soal SBMPTN, karena jika kita banyak belajar tapi tanpa diuji, maka kita tidak memahami tingkat penguasaan terhadap materi.

Menjaga Kesehatan dan Menyiapkan Mental

Salah satu hal yang tidak boleh disepelekan yaitu menjaga kesehatan dan menyiapkan mental. Terkadang dari kita terlalu semangat dan terus belajar dengan tanpa memperhatikan istirahat, bahkan sering begadang. Padahal hal tersebut merupakan kebiasaan yang tidak baik, dan beresiko mengganggu kesehatan dan mental dalam menghadapi ujian. Oleh sebab itu, jika kalian sudah merasa capek dan lemas, akan lebih baik dibuat istirahat agar ketika ujian dimulai maka bisa sehat.

Mengatur Jadwal Belajar dengan Tepat

Berikutnya merupakan kebiasaan yang perlu ditanamkan dari sekarang yaitu mengatur jadwal belajar dengan tepat. Karena dengan jadwal yang teratur maka bisa menjadi peluang besar dan tips sukses tembus SBMPTN. Selain itu, jadwal tersebut juga bisa mengatur pola hidup sehat, saat belajar dan saat istirahat.

Belajar Mandiri dari Video Internet

Dengan perkembangan soal dan variasi ujian, kalian juga bisa memanfaatkan internet untuk belajar mandiri dengan video. Hal ini sudah bukan rahasia lagi juga, karena banyak para tutor membagi ilmunya lewat internet. Selain itu, untuk mendapatkan referensi lebih dari tips  sukses SBMPTN, kalian juga bisa mengakses goKampus.com.

Oke teman-teman, itulah beberapa penjelasan dan pemaparan tentang tips sukses tembus SBMPTN. Jika kalian berniat mendaftar SBMPTN, maka sangat dianjurkan mulai mempersiapkan dari sekarang, karena persiapan yang matang dapat memberikan peluang besar untuk lolos.