Jasa Aqiqah Jakarta Dan Cara  Memilih Kambing Aqiqah

Aqiqiah menjadi salah satu perintah agama dan kambing yang digunakan juga harus sesuai dengan apa yang diperintahkan. Salah satu ciri kambing yang baik untuk digunakan aqiqah yaitu sehat serta tidak cacat.

Aqiqah merupakan momen yang terjadi sekali dalam seumur hidup, dan dalam agama Islam aqiqah menjadi salah satu perintah dengan hukum sunnah muakkadah. Saat mengetahui hal itu maka pasti kita akan memilih kambing atau domba yang sesuai dengan yang diperintahkan dan memilih yang terbaik.

Saat melaksanakan aqiqah ada ketentuan khusus dimana untuk anak laki-laki 2 ekor dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan. Sehingga, kalian harus memahami dan mengetahui ciri dari kambing yang layak untuk acara aqiqah.

Ciri Kambing Yang Terbaik Untuk Aqiqah

Saat melakukan aqiqah maka kita tidak boleh menggunakan sembarang kambing dan harus memilih kambing yang sesuai dengan ketentuan. Karena aqiqah merupakan perintah agama maka kambing yang dipilih juga harus sesuai dengan perintah agama.

1. Sehat

Syarat kambing yang pertama adalah sehat dimana kambing tidak kurus dan tidak gemuk. Kambing yang sehat bukan berarti kambing tersebut gemuk. Ciri dari kambing yang sehat yaitu memiliki mata yang sehat dan bening.

Selain itu, kambing yang sehat juga memiliki kuku serta gigi yang bersih. Saat ada masalah dengan kuku dimana kuku tidak bersih ada kemungkinan bahwa kambing tersebut terdapat cacing dalam tubuhnya.

2. Semua anggota tubuhnya lengkap

Kambing untuk aqiqah harus lengkap semua anggota tubuhnya dimana tidak terdapat anggota tubuh yang hilang. Misalnya tanduknya ada yang hilang atau kuping yang tidak sempurna.

3. Tidak memiliki cacat serta tidak ompong

Untuk menghindari hal tersebut, maka kalian harus memilih kambing yang masih hidup. Jangan memilih kambing yang sudah dipotong. Saat memilih kambing yang sudah dipotong maka kita tidak tahu apakah kambing tersebut pada awalnya cacat atau tidak. Selain itu, jangan tertipu dengan harga kambing jika menawarkan di bawah harga pasar.

Demikian, penjelasan mengenai ciri dari kambing yang layak untuk digunakan ketika aqiqah. Adanya penjelasan tersebut dapat membantu kalian ketika memilih kambing yang akan digunakan untuk aqiqah dari jasa aqiqah Jakarta Timur.