Jika Tidak Bijak, Maka Internet akan Berdampak Buruk

 

Keberadaan internet pada saat sekarang ini memang sangat banyak membantu terutama memberikan informasi, tetapi tidak sedikit juga dampak negative yang di dapatkan terutama pada remaja. Bijak dalam menggunakan internet akan mencegah dampak buruk internet seperti di bawah ini,

–              Konsumtif

Pada dunia Internet sering sekali kita temui penjual penjual online shop yang memungkinkan untuk para remaja memiliki sifat konsumtif, dapat membuat remaja membeli tanpa dipikirkan manfaatnya, hanya memuaskan lapar mata saja. Mereka juga terkadang tidak dapat mengendalikan diri dan itulah yang akan menimbulkan gaya hidup konsumtif.

–              Game online

Yang paling sering terjadi pada remaja adalah kecanduan game online yang akan mengakibatkan kehidupan sosial mereka yang sangat berubah, yang akan lebih senang bermain game daripada harus mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Pengaruh buruk yang seperti ini adalah dampak buruk penggunaan internet serta gadget yang tidak sesuai.

–              Kejamnya dunia maya

Internet memiliki dampak positif tetapi juga tidak sedikit dampak negatif yang akan didapatkan, terutama pada akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan  kejahatan yang terutama dialami oleh para remaja seperti penipuan, penculikan, pornografi dan masih banyak lagi yang tentunya akan merugikan yang mempengaruhi kehidupan si korban.

–              Memilih untuk menyendiri

Remaja yang lebih akrab dengan dunia internet lebih sering menyendiri dan tidak mau bergabung dengan orang lain, yang bahkan para remaja kurang bersosialisasi sekedar untuk menjalin komunikasi dengan lingkungan sekitar karena menurut mereka lebih nyaman dengan kehidupan mereka di dunia maya.

–              Boros

Remaja yang akrab dengan dunia Internet pasti tidak akan lepas dengan handphone atau gadget yang mereka miliki, hal itu akan membuat mereka akan banyak melihat hal-hal  menarik yang ingin mereka miliki yang akhirnya akan menghambur-hamburkan uang karena Indonesia memang memiliki akses internet yang cukup mahal. Maka remaja yang akrab dengan internet ini tentu akan sering membeli kuota hanya demi untuk masuk ke dunia maya.

–              Memicu kekejaman

Dunia Internet memudahkan situs diakses dan tidak sedikit yang memberikan hal-hal yang tidak layak untuk diperlihatkan terutama oleh para remaja, lalu tujuan dari pemilik website adalah untuk mendorong orang untuk melihat situsnya dan hal ini sangat merusak para remaja.

     Itulah dampak negatif penggunaan internet bagi kehidupan remaja. Tidak semua internet bisa berdampak positif, jika kita menggunakan internet secara bijak seperti untuk masa pekerjaan bisnis ataupun tentang pelajaran tentu sangat baik. Mau dapatkan tips menarik lainnya ?  info lengkapnya disini juraganonline.net