Kenali Ciri-ciri Tumbuh Gigi pada Bayi : Kapan dan Proses Tumbuh 

Tumbuh gigi pada bayi umumnya akan terjadi secara bertahap, mulai dari gigi paling depan berurutan hingga gigi paling belakang. Ketika bayi mengalami pertumbuhan gigi, gusi bayi akan terasa sedikit gatal dan tidak nyaman, sehingga akan mempengaruhi pola makan bayi. 

Walaupun begitu, ada pula bayi yang tetap memiliki nafsu makan yang baik ketika giginya mulai tumbuh. Selain nafsu makan, bayi yang mengalami tumbuh gigi akan cenderung menggigit-gigit sesuatu, mulai dari jari hingga benda yang ada di sekitarnya. 

Untuk mewaspadai hilangnya nafsu makan pada bayi yang baru tumbuh gigi, Anda perlu mengetahui kapan bayi tumbuh gigi, proses serta ciri-ciri bayi yang sedang tumbuh gigi. Simak penjelasannya berikut ini. 

Kapan Bayi Tumbuh Gigi? 

Umunya, bayi tumbuh gigi dimulai pada usia 6 bulan dan lengkap pada usia 3 tahun. Namun, setiap bayi berbeda-beda. Apabila bayi Anda tidak kunjung mengalami tumbuh gigi pada kurun usia 6 bulan hingga 3 tahun, Anda perlu memeriksakan bayi Anda. 

Apabila bayi Anda mengalami pertumbuhan gigi yang tidak terlalu terlambat, seperti seharusnya gigi tumbuh pada usia 6 bulan, namun bayi baru mengalami tumbuh gigi pada usia 8 bulan hal tersebut tidak perlu Anda khawatirkan. 

Walaupun begitu, tetap konsultasikan dan jaga kesehatan gigi bayi Anda sesuai dengan anjuran dokter gigi anak. 

 

Bagaimana Proses Tumbuh Gigi pada Bayi? 

Proses tumbuh gigi pada bayi akan diawali dengan warna gusi yang kemerahan. Terkadang, gusi bayi juga mengalami pembekakan karena terjadi bulging atau penebalan gusi yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi. 

Ketika proses tersebut, bayi cenderung akan lebih rewel karena merasa tidak nyaman dengan keadaan gusinya yang bengkak. Hal ini pula yang akan mempengaruhi nafsu makan anak. 

Pada bayi berusia 7 bulan, seringkali tidak ditemukan proses atau tanda gigi tumbuh pada gigi seri bawah serta gigi seri atas. Kondisi tersebut sangat wajar, karena proses tumbuh gigi seri pertama bawah dan atas bervariasi. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir. 

 

Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi 

Ketika nafsu makan anak Anda berkurang, Anda tentu akan merasa khawatir. Kemungkinan salah satu penyebabnya adalah tumbuh gigi. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi Anda. Dikutip dari bintangtrainer.com, Berikut beberapa ciri-ciri yang dapat Anda kenali. 

 

1. Gusi bengkak 

Ciri pertama pada bayi yang sedang tumbuh gigi adalah gusinya yang bengkak. Cobalah buka mulut bayi dan perhatikan, apakah gusi bayi terlihat membengkak atau tidak. Gusi bengkak tersebut, disertai dengan warna kemerahan serta sedikit terlihat memar.

  • Bayi sering menggigit dan menghisap barang di sekitarnya, hal ini dikarenakan gusinya terasa gatal. Ketika proses tumbuh gigi, bayi akan merasa bahwa gusinya terasa gatal. Untuk mengatasi rasa gatal tersebut, bayi akan cenderung untuk menggigit dan menghisap barang yang ada disekitarnya. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan barang di sekitar bayi bersih atau berikan bayi teether dengan bahan yang sudah food grade. 

 

2. Bayi banyak mengeluarkan air liur

Ciri selanjutnya adalah bayi banyak mengeluarkan air liur. Kondisi produksi air liur yang berlebih ini diduga karena terjadinya peningkatan gerak otot pada mulut bayi selama proses tumbuh gigi berlangsung. Hal tersebut, memicu kinerja kelenjar ludah lebih aktif, sehingga air liur menjadi lebih banyak. 

 

3. Tidak nafsu makan

Selama proses tumbuh gigi, bayi akan mengalami penurunan nafsu makan. Tumbuh gigi akan membuat bayi merasa tidak nyaman, gejala seperti gusi bengkak, gusi terasa gatal hingga ruam pada di sekitar mulut yang menyebabkan bayi kehilangan nafsu makan. 

 

4. Rewel di malam hari

Bayi yang sedang mengalami tumbuh gigi, cenderung akan lebih rewel pada malam hari. Rewel di malam hari ini, disebabkan karena bayi tidak bisa tidur, sehingga bayi merasa gelisah dan tidak nyaman. 

 

5. Demam 

Ciri selanjutnya adalah demam. Demam pada bayi yang baru tumbuh gigi disebabkan oleh peradangan gusi. Ketika bayi mulai demam, sebaiknya Anda memeriksakan bayi ke dokter. Terlebih lagi, apabila demam bayi mencapai lebih dari 38 derajat Celcius.

 

Itulah ciri, waktu serta proses tumbuh gigi pada bayi. Cek dan periksa keadaan bayi Anda, agar bayi tetap merasa nyaman ketika proses tumbuh gigi berlangsung. Jika bingung memilih nama anak, silahkan cek list nama anak laki laki modern.