Kriteria Penulisan Geguritan Bahasa Jawa tentang “Ibu”

Pasti, dari sebagian banyak orang mengenal atau bahkan bisa menalar sendiri jika disuruh membuat puisi yang berhubungan dengan orang tua. Seperti halnya, geguritan bahasa Jawa tentang “Ibu” ini yang tidak semua orang paham.

Kriteria dalam Menulis Geguritan Tentang “Ibu”

Dalam menulis geguritan bertema “Ibu” ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya unsur Intrinsiknya. Yuk simak penjelasan berikut ini agar tidak salah dalam membuat sebuah puisi untuk orang tersayang.

Gaya Bahasa

Setelah menentukan tema “Ibu” dan diksinya. Langkah selanjutnya adalah memilih gaya bahasa. Gunanya, agar si pembaca dapat membacakan geguritan dengan irama dan isi dari puisinya bisa mudah dipahami.

Ada beberapa macam gaya bahasa yang bisa dipakai seperti personifikasi (membuat benda mati menjadi hidup), metafora (membandingkan dua benda dengan sifat sama) dan terakhir adalah repetisi (disebut pengulangan kata).
 

Citraan/Imajinasi

Citraan ini biasa disebut dengan imajinasi. Gunanya adalah, untuk memberi gambaran yang dapat diraba oleh indra si pembaca. Bayangkan bila ibu Anda yang membacanya, buat dia terkesima dengan isi puisinya.

Tak hanya itu, adanya citraan/imajinasi dalam puisi bahasa Jawa ini ide yang Anda sampaikan akan memberikan sentuhan menarik untuk dibaca. Membuat geguritan bahasa Jawa bertema “Ibu” harus dengan sepenuh hati.

Latar

Langkah selanjutnya adalah menentukan latar. Ada beberapa jenisnya seperti kapan waktu terjadinya, dimana kejadiannya dan masih banyak lagi. Intinya, ini disebutkan agar mengetahui bagaimana suasana yang terjadi dalam isi geguritan.

Dengan begitu, si pembaca akan tahu dan dapat menggambarkan secara jelas bagaimana suasana yang sesuai dengan isi geguritan bahasa Jawa ini. Apalagi dengan tema “Ibu” ini bisa saja menggunakan latar saat masih kecil dulu untuk mengenangnya.

Amanat

Langkah terakhir yang harus ada pada geguritan bahasa Jawa bertemakan “Ibu” ini adalah, dengan adanya amanat atau pesan. Karena memang tujuan dari puisi ini digunakan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan.

Anda bisa membuat geguritannya mengarah pada jasa Ibu yang selama ini selalu merawat dan mendidik dari kecil lalu menyelipkan beberapa pesan/amanat di dalamnya. Bahkan, mungkin dapat menyentuh hati orang tua.

Nah selesai sudah penjelasan mengenai geguritan bahasa Jawa “Ibu”. Mungkin hal tersebut bisa dijadikan imajinasi Anda sebelum membuat sebuah puisi untuk orang tua.