Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kesehatan Kulit

Sekarang ini, ada berbagai jenis sabun yang bisa Anda temui di pasaran, mulai dari sabun batangan, sabun cair hingga variasi bahan utama dari sabun, seperti susu kambing. Kandungan yang berbeda tentu membuat manfaat dari sabun tersebut juga berbeda.

Awalnya, susu kambing hanya dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh karena nutrisi lengkap yang terkandung di dalamnya. Baru-baru ini, banyak produsen sabun yang memanfaatkan susu kambing sebagai bahan utama untuk memberikan manfaat maksimal untuk kulit.

1. Melembapkan Kulit

Kebanyakan sabun mandi biasa mengandung campuran sufaktan yang membuat kulit terasa kencang, kering dan menghilangkan minyak alami. Berbeda dengan kandungan susu kambing yang mengandung banyak lemak, khususnya asam kaprilat untuk melembabkan kulit. 

2. Menutrisi Kulit

Susu kambing mengandung kolesterol, asam lemak, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, sabun susu kambing juga mengandung selenium yang membuat kulit tampak lebih sehat dan mampu memperbaiki gejala psoriasis, misalnya kulit kering. 

3. Mengatasi Kulit Kering

Sabun dari susu kambing dapat menggantikan lemak yang hilang dan mengatasi kulit karena kandungan asam lemak dan kolesterol yang tinggi pada susun kambing. Itulah mengapa sabun ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kondisi kulit kering. 

4. Bahan Eksfoliasi Alami

Manfaat lain dari sabun berbahan dasar susu kambing adalah sebagai bahan eksfoliasi alami karena kandungan Asam Alfa-Hidroksi (AHA). eksfoliasi ini mampu mengatasi bekas luka, hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan dan menghilangkan sel-sel kulit mati. 

5. Mendukung Micro Organisme Kulit agar Tetap Sehat 

Susu kambing mendukung micro-organisme kulit dalam menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan tampak bersinar. Selain itu, penghalang terhadap patogen juga akan meningkat sehingga mampu mencegah berbagai masalah pada kulit, seperti eksim.

6. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat terakhir dari kandungan susu kambing dalam sabun adalah mencegah munculnya jerawat. Susu kambing mengandung asam laktat yang membantu mengendalikan jerawat dan menjaga pori-pori agar tetap bersih dari minyak, sebum atau kotoran. 

 

Banyak manfaat yang akan Anda rasakan dengan menggunakan sabun alami berbahan susu kambing. Pastikan Anda memilih produk sabun yang terbaik untuk mendapatkan semua manfaat di atas.