Melirik Gurihya Bisnis Roti Tawar Bandung

Selain mudah didapat roti tawar juga bisa menjadi olahan yang beragam. Mulai dari pengganti sarapan, camilan, teman perjalanan, hingga bekal untuk anak sekolah atau suami saat bekerja. Inilah yang menyebabkan bisnis roti tawar Bandung tidak ada matinya. Tidak heran jika bisnis roti tawar Bandung saat ini semakin menjamur.

Bisnis roti tawar Bandung sangat menguntungkan bagi siapa saja yang menggelutinya. Berikut hal-hal yang perlu diketahui pembisnis roti tawar Bandung pemula.

 

1. Peluang dan Prospek Usaha Roti Tawar Bandung

Bisnis roti tawar termasuk dalam bisnis kuliner yang sangat menjanjikan. Tidak sedikit orang yang ingin menggeluti bisnis ini. Bagi siapa saja yang ingin terjun di dunia bisnis roti tawar. Mulailah dari sekarang, keuntungan yang didapat dari bisnis ini benar-benar menggiurkan.

Prospek bisnis roti tawar pun bagus untuk jangka panjang. Dari tahun ke tahun roti tawar semakin banyak peminatnya. Bisnis ini sudah pasti akan terus berkembang kedepannya.

roti tawar bandung

2. Cara Memulai Usaha Roti Tawar Bandung

Di dalam memulai bisnis roti tawar pun sangat mudah. Bisnis ini tidak memerlukan biaya yang mahal. Dengan modal minim, produksi roti tawar sudah bisa berjalan. Mulai saja dulu membuat roti tawar di rumah. Lambat laun keuntungan yang didapat bisa untuk memperbesar usaha. Hingga membuka lapangan pekerjaan untuk pegawai dalam produki, penjualan atau kurir pengantar roti tawar.

 

3. Pelaku dan Konsumen Roti Tawar Bandung

Tidak harus seorang yang berlatar belakang pendidikan bisnis maupun kuliner. Siapa saja bisa menjadi pelaku usaha roti tawar. Proses pembuatan rotinya pun mudah dipelajari. Asalkan serius menjalankan bisnis ini, laba yang besar siap mengalir setiap saat.

Konsumennya pun dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengonsumsi roti tawar. Bahkan kebutuhan roti tawar selalu meningkat. Pebisnis roti tawar dapat menjalin waralaba, salah satunya dengan pebisnis roti bakar. Dengan kata lain, pebisnis roti tawar sekaligus  supplier roti tawar bandungnya. 

 

4. Bahan Baku dan Alat untuk Usaha Roti Tawar

Bahan baku utama membuat roti tawar diantaranya tepung terigu, susu bubuk, telur ayam, gula pasir, mentega putih, ragi, garam dan lain-lain. Agar kualitas roti tawar terjaga, bahan baku yang terbaik. Rasa nikmat pada roti tawar tergantung pada bahan yang digunakan.

Sementara itu, untuk membuat roti tawar dibutuhkan alat-alat pendukung seperti loyang, mixer, timba, kompor gas, pengiris, nampan, oven, wadah, lap oven, serbet, sendok, pisau, dan alat pendukung lainnya.

 

5. Lokasi dan Strategi Promosi Penjualan

Lokasi jualan roti tawar dapat dilakukan dengan membuka kios ataupun stand ditempat yang ramai. Untuk pemula bisa menitipkan roti tawar di toko-toko terdekat. Terapkan strategi promosi, manfaatkan sosial media yang ada. sama halnya dengan Velevinka Bakery, sebagai cake dan bakery jakarta dari awal kemunculannya hingga saat ini tetap dipromosikan melalui website resminya. Mengeluarkan anggaran untuk promosi juga perlu dilakulan, sebarkan brosur atau pasang spanduk iklan. Harga juga harus berani bersaing. Patok harga sesuai dengan kualitas rasa roti tawar. Biasanya roti tawar dijual dengan harga Rp. 9.000,00 hingga Rp. 12.000,00.

 

6. Keuntungan Bisnis Roti Tawar Bandung

Roti tawar dapat diolah menjadi berbagai makanan kekinian yang banyak digandrungi konsumen. Selain roti bakar, roti tawar merupakan bahan dasar membuat roti gulung, puding roti tawar, pizza roti tawar, zuppa soup, sandwich, dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi kebutuhan roti tawar yang terus meningkat, roti tawar akan terus diproduksi yang artinya bisnis ini tidak akan pernah surut.

 

7. Kekurangan Bisnis Roti Tawar Bandung

Seperti yang dilihat, saat ini pesaing bisnis roti tawar sangat banyak. Agar bisnis tetap berjalan, sebaiknya membuat inovasi baru dari segi tampilan atau rasa. Saat ini suda beredat roti tawar pandan, coklat, taburan kismis, dan masih banyak varian kreatif lainnya.

Modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini memang minim. Oleh sebab itu, balik modalnya juga membutuhkan waktu yang lama. Namun, jika digeluti dengan serius akan terasa keuntungannya.

 

Memang diawal buka biasanya bisnis akan laku keras dan ramai. Beberapa pebisnis roti tawar akan mengalamai penurunan konsumen. Namun, pasang surut semacam ini sudah biasa bagi pebisnis. Oleh sebab itu, penting adanya inovasi dan ide kreatif agar bisnis tetap berjalan.