Mencegah Sumber Penyakit, Ini Dia Langkah Cerdas Mengurangi Sampah di Dapur

Sampah yang menumpuk di dalam tempat sampah stainless steel tidak hanya merusak keindahan lingkungan saja, tapi bisa menjadi sumber penyakit. Ironisnya sampah terbesar datang dari rumah tangga. Dari banyaknya ruangan di dalam rumah, dapur menjadi salah satu ruangan yang menghasilkan banyak sampah.

Pasalnya dapurlah tempat terciptanya sampah berupa sisa makanan yang tidak habis, sampah sisa makanan saat produksi, sampah plastik pembungkus makanan, dan lainnya.

1. Mengenali karakter sampah yang ada di rumah

Jenis sampah yang dihasilkan oleh setiap rumah memang berbeda, hal ini biasanya berkaitan dengan gaya hidup dari si pemilik rumah. Kalau pemilik rumah gemar menyantap makanan cepat saji, tentu akan lebih banyak menghasilkan sampah pembungkus makanan. Namun jika pemilik rumah senang memasak sendiri, maka akan banyak sampah sisa bahan makanan yang dihasilkan.

2. Melakukan pemisahan jenis sampah

Meskipun akhirnya akan di buang di tempat pembuangan akhir, tapi tidak ada salahnya bukan jika kita meringankan pekerjaan petugas kebersihan? Seperti memisahkan jenis sampah yang ada di rumah. Seperti sampah organik, non organik, dan B3. Supaya saat sampah di tempat pembuangan akhir sampah bisa langsung diolah untuk didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat atau menjadi pupuk.

3. Memanfaatkan sampah kembali

Jika kamu memiliki ide kreatif untuk mendaur ulang sampah, tidak ada salahnya untuk melakukan daur ulang sendiri di rumah. Misalnya menjadikan sampah sisa bungkus kopi menjadi tas yang cantik untuk berbelanja, atau sisa botol minuman kemasan menjadi hiasan dinding atau tirai pintu.

Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, memisahkan sampah dan mengurangi sampah pun akan membantu kita supaya terhindar dari penyakit. Lingkungan yang kotor akan mudah didatangi oleh penyakit, sedangkan lingkungan yang bersih akan membuat penyakit tidak mudah datang.

Nah, dari sini sudah jelas bukan betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi sampah. Hal ini pun bukan untuk diri kita sendiri saja namun untuk semua orang yang ada di rumah. Jika sampah di rumah bisa dikelola dengan baik tentu semuanya akan merasa nyaman bukan?