Obat Kuat BPOM di Apotik, Apakah Aman Untuk Dikonsumsi?

Membeli obat kuat bukanlah hal yang aneh karena setiap orang pasti menginginkan kualitas hubungan suami istri yang baik dan mesra, seperti yang dilansir dari https://www.deherba.com/pilihan-obat-kuat-di-apotik-yang-terbukti-dan-aman.html, yang menjadi masalah adalah apakah obat kuat BPOM di apotik yang Anda beli merupakan obat kuat yang sudah berizin dan aman untuk dikonsumsi? 

Keberadaan nomor registrasi BPOM dalam produk makanan dan obat menjadi standar mutu yang tidak boleh lepas dari pengawasan konsumen. Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian nomor registrasi BPOM dan izin edar pada obat kuat tersebut.

Melalui Situs BPOM

obat kuat BPOM

Cara yang pertama untuk mengecek keaslian nomor registrasi dari obat kuat BPOM di apotik adalah dengan mengunjungi situsnya. Anda bisa menggunakan smartphone Anda atau perangkat lain yang terkoneksi dengan internet. Berikut langkahnya:

1. Melalui perangat Anda, kunjungi situs resmi https://cekbpom.pom.go.id
2. Pada halaman utama, kunjungi bagian “Cari Produk” 
3. Anda akan menemukan sebuah kolom pilihan
4. Pilih menu Nomor Registrasi
5. Selanjutnya, isi kolom “Kata Kunci” dengan nomor registrasi BPOM yang ada pada kemasan produk yang akan Anda cek
6. Klik “Cari” kemudian tunggu prosesnya
7. Akan muncul data mulai dari nama produk, pendaftar atau produsen dari produk obat kuat yang dicari

Selanjutnya, cocokkan data yang ada pada situs BPOM tersebut dengan yang tertera pada kemasan produk. Apabila sesuai atau sama maka obat kuat tersebut telah terdaftar dan aman untuk dikonsumsi.

Melalui Aplikasi BPOM Mobile.

Selain melalui situs BPOM, Anda juga bisa mengunduh aplikasi BPOM untuk mempermudah pengecekan apakah obat kuat BPOM yang dijual di apotik tersebut terdaftar atau tidak. Berikut langkah yang bisa Anda ikuti. 

Sebelumnya, Anda terlebih dahulu perlu menginstal aplikasi BPOM Mobile dengan mengunduhnya dari AppStore untuk pengguna iOS atau PlayStore untuk pengguna Android. Setelah terpasang, buka aplikasinya dan ikuti langkah berikut.

Bila pada kemasan produk tersebut terdapat barcode, Anda bisa memindainya dengan kamera smartphone. Caranya dengan memilih menu “SCAN PRODUK” kemudian arahkan kamera smartphone Anda ke barcode pada kemasan.

Bila produk obat kuat tersebut telah terdaftar, maka akan muncul data pada layar dari hasil pemindaian barcode tersebut. Namun bila tidak, maka produk tersebut belum atau tidak terdaftar pada BPOM. 

Selanjutnya, Anda bisa mengecek izin produk tersebut dengan menggunakan nomor registrasi BPOM. Caranya dengan memilih menu “CEK IZIN EDAR” pada halaman utama aplikasi. Kemudian akan muncul dua kolom berbeda. 

Pada “Kategori Pencarian,” pilih Nomor Registrasi. Selanjutnya isi kolom kedua di bawahnya dengan nomor registrasi BPOM. Klik “Cari Produk” dan tunggu hasilnya. Anda juga bisa melakukan pencarian berdasarkan nama produk atau nama produsen dengan mengubah kolom Kategori Pencarian.

Itulah cara mengecek keaslian obat kuat BPOM di apotik sehingga Anda mengetahui apakah aman dikonsumsi atau tidak. Selain mengecek keaslian dan juga izin edar obat kuat, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lain dalam aplikasi seperti fitur lapor pada BPOM.

Namun, agar dapat menggunakan fitur tersebut Anda harus mendaftar atau membuat akun pada aplikasinya. Keberadaan aplikasi dan situs resmi BPOM ini bisa Anda manfaatkan secara gratis dan kapan saja. 

Semoga artikel mengenai cara mengecek keaslian nomor registrasi pada obat kuat sehingga meyakinkan untuk dikonsumsi ini bermanfaat.