Pahami Kodenya Sebelum Membeli Tumbler Minuman yang Benar

Sekarang ini penggunaan botol air minum (tumbler) dari plastik memang sedang nge-trend. Bahkan Pemerintah Bitung mewajibkan untuk seluruh pegawainya agar membawa tumbler sendiri ketika akan berdinas.

Yap, penggunaan tumbler kini semakin digandrungi kalangan muda. Apalagi saat ingin mendaki gunung, tumbler menjadi salah satu peralatan yang harus dibawa.

Tujuan membawa tumbler sendiri tak semata-mata untuk wadah minuman saja, tetapi menjadi langkah kecil untuk mengurangi sampah plastik.

Nah sebelum kamu membeli tumbler, jauh lebih baik memahami kode yang ada di bagian bawah tumbler. Bahkan kode ini harus tertera di semua produk berbahan plastik sebagaimana yang disyaratkan oleh ISO (International Organization for Standardization).

Pasti kamu sudah tak asing dengan kode berbentuk panah dibawah botol? Ya, kode satu ini diinisiasi oleh komunitas penggiat daur ulang di AS The Society of The Plastic Industry.

Mereka sengaja mendesign Resin Identification Code (RIC). RIC merupakan sekumpulan kode yang dipakai untuk menunjukkan jenis resin yang ada di beberapa plastik tertentu.

tumbler plastik

Berikut Daftar Kode Jual Tumbler Surabaya :

PETE atau PET (Polyethylene Etilen Terephalate)

Kode ini umumnya digunakan dalam botol plastik yang berwarna transparan/jernih/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, wadah makanan dan jenis botol kemasan lainnya.

Botol yang berkode PET/PETE ini disarankan hanya sekali pakai. Jika botol terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air panas/hangat, hati hati saja, karena akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang menyebapkan penyakit kanker (penggunaan dalam jangka panjang).

PVC (Polyvinyl Chloride)

Kode ini tak hanya ditemukan pada botol saja, namun ada pula di pembungkus (cling wrap). Reaksi berbahaya akan ditemukan antara PVC dengan botol berbahan plastik yang berpotensi berbahaya untuk hati, ginjal dan berat badan.

Ya, bahan ini mengandung klorin dan akan mengeluarkan racun ketika dibakar. Bahkan bahan ini kerap di daur ulang menjadi tikar, mudflaps, panel, dan lain-lain.

PP (polypropylene)

Karakteristiknya adalah botol transparan yang tak berwarna/jernih. Bahan ini lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, stabil terhadap suhu tinggi, ketahanan yang baik terhadap lemak, dan sedikit mengkilap.

Ketika membeli botol dengan kode ini, pilihlah kode angka 5 jika ingin botolmu aman dan tidak berbahaya. PP ini bisa diolah kembali menjadi nampan, garpu, sapu, dan lain-lain.

HDPE (High Density Polyethylene)

Bahan ini bisa digunakan untuk botol susu dengan warna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan masih banyak lagi.

Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat yang lebih kuat, keras, dan tahan lama terhadap suhu tinggi.

Ini menjadi bahan plastik yang cukup aman karena kemampuan dalam mencegah bahan kimia, baik itu yang berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya.

Sama seperti PET, HDPE juga hanya bisa digunakan sekali pakai. Pelepasan antimoni trioksida terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Itulah beberapa kode yang ada pada botol plastik. Semoga bermanfaat!