Pengertian Jas Berdasarkan Pengelompokannya

Penggunaan jas membuat pria terlihat lebih berwibawa dan juga rapi. Namun, karena saat ini ada banyak jenis jas, maka pria wajib mengetahui pengelompokan jas supaya tidak terjadi salah kostum. Dengan mengetahui pengelompokannya, tentunya pengertian jas harus dipahami oleh pria sehingga mereka tahu kelompok jas apa yang harus dikenakannya ketika akan menghadiri suatu acara.

Berikut pengertiannya berdasarkan pengelompokan jas:

 

  • Jas formal

Pengelompokan jas ini dikategorikan sebagai pakaian resmi dengan ciri khas lengan panjang dengan mengenakan kemeja berkerah di dalam jas. Biasanya setelan pengelompokan jas ini terdiri dari jas itu sendiri, vest, serta celana panjang yang terbuat dari bahan yang sama dengan jasnya. Supaya lebih lengkap, maka pria menambahkan pemakaian kemeja dan dasi.

Fungsi jas formal yakni untuk membuat tubuh agar lebih proporsional, memperindah penampilan, menunjukkan identitas diri, dan menutupi tubuh. Ciri-ciri jas formal yakni slim fit atau sesuai dengan bentuk tubuh pemakainya, digunakan untuk acara resmi, tidak bercorak atau bermotif, terbuat dari bahan berkualitas yang mahal, dan warnanya cenderung gelap.

 

  • Jas non formal

Pengertian jas non formal yaitu pakaian yang tidak memerlukan setelan ketika memakainya. Jas non formal biasa disebut dengan sebutan blazer. Ketika menggunakan jas non formal, pria tidak perlu memakai kemeja dan dasi sehingga kesan yang ditampilkan lebih santai. Bahkan, pria bisa memadukan penggunaan blazer ini dengan kaos dan celana pendek. 

Anda bisa membuat jas ini sesuai keinginan dengan menggunakan jasa konveksi jas almamater terbaik konveksi.co. Karena bersifat non formal, maka bahan yang Anda gunakan untuk membuat jas ini adalah bahan-bahan selain yang digunakan untuk pembuatan jas formal. Konveksi tersebut menerima segala macam request dari pelanggan untuk pembuatan jas termasuk jas non formal.

 

Itulah pengertian jas berdasarkan pengelompokannya. Jangan sampai Anda salah mengenakan jas yang tidak sesuai ketika akan menghadiri suatu acara karena salah kostum membuat malu. Dengan memahami pengertiannya, maka pria tidak akan kesulitan dalam menentukan kelompok jas apa yang akan dikenakannya.