Perbedan Parenting Islami Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Guna menumbuhkan rasa percaya diri dan mempersiapkan pemimpin masa depan, Anda bisa menerapkan parenting islami secara tepat. Meski berlandaskan keagamaan ternyata hal ini tak mengurangi hasil yang diperoleh guna membentuk kepribadian anak. Untuk melaksanakan parenting dengan tepat, silakan simak penjelasan mengenai perbedaan penerapannya antara anak perempuan dengan laki-laki di artikel berikut ini.

Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan dengan Parenting Islami

Sebagai orang tua Anda harus bisa membentuk karakter tegas dan disiplin pada diri anak tanpa membentaknya. Berikut cara mendidik anak laki-laki yang bisa Anda coba lakukan.

  • Memperdalam Ilmu Agama

Agama merupakan pondasi kehidupan yang harus dijaga dan dikuasai sejak dini. Ini adalah tugas Anda untuk memperkenalkan dan membiasakan anak dengan kehidupan keagamaan. Misalnya dengan mengajarkan shalat, doa harian, membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

  • Mengajarkan Ilmu Akidah dan Tauhid

Perkenalkan anak dengan kalimat syahadat sejak dini karena termasuk dalam ilmu akidah dan tauhid. Hal ini sejalan dengan penjelasan Ibnu Abbas dari Rasulullah SAW.  

  • Mengasah Tanggungjawab dan Kemandirian Anak

Kelak seorang anak laki-laki akan menjadi pemimpin keluarga. Untuk itu Anda sebagai orang tua harus bisa mengajarkan tanggungjawab dan kemandirian sejak dini melalui kebiasaan sehari-hari.

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Parenting Islami

Ada beberapa hal yang perlu ditekankan lebih ketika mendidik seorang anak perempuan. Berikut beberapa penjelasannya untuk Anda simak dengan saksama.

  • Ajarkan Ilmu Tauhid 

Hal pertama yang harus diajarkan adalah membiasakan anak untuk membaca kalimat syahadat. Pengucapan beserta penafsiran yang tepat dapat membantu anak mengenal siapa Tuhan dan Rasul-Nya. 

  • Kenalkan Cara Pengelolaan Rumah Tangga

Seorang anak perempuan harus diajarkan keterampilan mengelola rumah tangga sejak dini. Keterampilan tersebut akan sangat berguna kelak ketika dirinya telah menjadi seorang istri dan ibu.

  • Perdalam Ilmu Fiqih Wanita

Perbedaan mendasar parenting islami untuk anak perempuan terletak pada pendalaman ilmu fiqih wanita. Ilmu ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan kewanitaan dan bisa mulai Anda ajarkan ketika anak sudah baligh (dewasa.)

Itu dia beberapa perbedaan cara parenting islami untuk anak perempuan dan laki-laki yang perlu untuk Anda pahami. Untuk mendapatkan kajian yang lebih mendalam, silakan perbanyak referensi lain yang relevan. Semoga bermanfaat.

Sumber: bondanita.com