Potensi Sumber Daya Alam Di Benua Asia

Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia maupun hewan guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari. Namun di setiap wilayah yang ada di dunia ini tentunya memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda.

Di bumi ini sendiri terdapat 7 benua yang pertama yaitu benua Eropa, Asia, Australia, Amerika utara, Amerika selatan, Antartika dan yang terakhir yaitu benua Afrika.

Namun kali ini kita akan membahas potensi sumber daya alam yang terdapat di benua asia yang merupakan tempat kita tinggal saat ini.

Benua asia sendiri letak astronomisnya adalah 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Benua asia sendiri merupakan salah satu benua yang terluas di bumi dengan luasnya mencapai 44,39 juta km2.

Selain itu juga benua asia dengan penduduk terbanyak di muka bumi dengan total penduduk sekitar 4,45 milyar jiwa dan kemungkinan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Benua asia juga salah satu benua yang menghasilkan sumber daya alam paling banyak di antara benua lainnya. Apa saja sih potensi sumber daya alam yang ada di benua asia?

Simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa potensi sumber daya alam yang ada d benua asia.

Potensi Sumber Daya Alam Di Benua Asia

Benua asia sendiri merupakan benua yang cukup banyak memiliki lembah sungai yang besar dan luas maka dari itu sumber daya alam yang paling utama di benua asia adalah pertanian dan juga pertambangan.

Selain itu benua asia juga terletak pada pertemuan jalur sirkum pasifik dan mediterania. Yang sudah pastinya terdapat tempat penambangan entah itu emas, nikel maupun lainnya.

Berikut beberapa potensi sumber daya alam di benua asia :

  1. Potensi Pertanian

potensi sumber daya alam di asia

Jelas potensi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di benua asia adalah potensi sumber daya alam pertanian.

Kamu juga bisa mengetahui sendiri di beberapa negara yang ada di benua asia sendiri sudah mengandalkan sektor pertanian ini untuk mendongkrak ekonomi negara maupun masyarakatnya.

Misalnya di negara Myanmar, Indonesia, Thailand, India menghasilkan padi yang berkualitas dan mampu diekspor ke luar negeri.

Selain itu di benua asia tengah yaitu negara seperti Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan juga menghasilkan buah buahan, gandum dan kapas.

Nah untuk benua asia selatan sendiri utamanya yaitu untuk sektor pertanian menghasilkan beras dan kopi.

Baca juga: Mengenai Pengertian Iklim Tropis Beserta Ciri dan Wilayah di https://alamalami.com/ untuk menambah wawasan pengetahuan kamu.

      2. Pertambangan

Selain sektor pertanian benua asia juga mempunyai kekayaan alam pertambangan yang tentunya memiliki nilai yang cukup tinggi. Sektor pertambangan di benua asia sendiri dapat kita temui di beberapa negara seperti Indonesia, china, jepang, india maupun lainnya.

Berikut contoh negara yang menghasilkan uang dari sektor pertambangan :

  • Indonesia : Menghasilkan nikel, emas
  • Sri lanka : Garit dan batu bara
  • Pakistan : Biji besi dan minyak bumi
  • Korea : emas, biji besi, perak, timah hitam, seng dan lainnya.

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai potensi yang ada di benua asia, semoga artikel yang kami buat bermanfaat untuk menambah wawasan kamu ya.