Rekomendasi Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan untuk Pemula

Usaha pertanian tidak hanya bisa dilakukan di desa, bahkan di daerah perkotaan pun bisa melakukannya. Karena kini, untuk menjalankan bisnis ini tidak harus menggunakan lahan yang luas. Pendapatan dari usaha bidang pertanian ini juga terbilang cukup besar.

Mau tahu apa saja peluang usahanya? Makanya simak artikel dibawah ini.

Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan

Kamu juga tidak perlu punya lahan yang luas untuk menjalankan bisnis ini lho, karena sekarang bahkan bisa bercocok tanam di daerah yang sempit sekalipun. Nah dengan demikian, bisnis ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk kamu jadikan sebagai peluang terbaik di tahun 2020. Berikut beberapa peluang usaha yang pertanian yang bisa kamu coba :

1. Berjualan Bibit Tanaman

Berjualan bibit tidak hanya mengharuskan kamu menanam bibit sendiri, kamu juga bisa berjualan tanpa adanya bibit. Bagaimana caranya? Mudah, kamu hanya perlu mencari secara online yang menjual bibit dan kamu menjualnya lagi. 

Menjalankan bisnis ini juga tergolong mudah loh, kalau ingin banyak orang yang minat kamu harus memilih bibit dengan kualitas yang bagus. Untuk modalnya juga relatif minim, kalau kamu anak sekolahan atau mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tambahan usaha ini sangat cocok buat mu.

2. Jual Bunga Potong

Peluang usaha pertanian yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan berjualan bunga potong. Peminat bunga potong sangat banyak, jadi kamu jangan khawatir dengan sepinya pembeli. Bunga potong biasanya digunakan untuk acara resmi, seperti pernikahan, ulang tahun dan lainnya. 

Modal untuk menjalankan bisnis ini juga kecil, tapi dengan modal yang kecil ini bukan berarti penghasilan yang kamu dapat juga kecil ya. 

3. Berjualan Tanaman Hias

Selain berjualan bunga potong, tanaman hias juga bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan. Karena tanaman hias cocok untuk mempercantik interior rumah, ruangan kerja dan lainnya. Untuk hasil penjualan yang memuaskan, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dulu tanaman apa yang diminati masyarakat.

Kamu juga memaksimalkan pemasaran lewat media sosial, misalnya kamu bisa share-share ke grup facebook. Tentu dengan orang-orang yang tertarget, misalnya share ke perkumpulan pecinta tanaman hias.

Demikianlah artikel tentang peluang usaha di bidang pertanian. Semoga apa yang penulis sampaikan diatas bisa menjadi referensi untuk kamu ya. Terimakasih