Serunya Berwisata di Goa Kreo

Goa Kreo menjadi salah satu ikon wisata jika kamu berkunjung ke kota Semarang. Goa Kreo terletak di Jalan Raya Goa Kreo, Dukkuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. Kalau dari pusat kota Semarang, jaraknya sekitar 13 km. Goa ini letaknya ada di tengah-tengah waduk yang dihubungjan dengan jembatan pada bendungan Jatibarang.

Pasalnya, goa ini merupakan petilasan dari sunan Kalijaga dikala sedang mencari kayu jati yang akan digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak. Sunan Kalijaga merupakan salah satu dari wali songo yang kala itu sedang menyebarkan agama islam di Pulau Jawa. Oh ya ada banyak tempat wisata lainnya di jawa, coba dapatkan infonya di www.wisataasyik.com/

Yang menarik dari Goa Kreo

Nama Goa Kreo berasal dari kata Kreo(Mangreho) yang artinya jagalah atau perihalah. Di tempat ini kamu akan menemukan sekumpulan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) yang menjadi penunggu kawasan ini. Namun jangan takut, karena kera-kera disini bisa dibilang jinak kok! Mereka   bisa dengan mudah bergaul dengan warga atau wisatawan yang datang. Penduduk setempat yang tinggal di sekitar kawasan wisata Goa Kreo juga ramah-ramah kok terhadap wisatawan yang datang.

Untuk bisa sampai di Goa Kreo, kamu harus melewati rute anak tangga yang banyak dan cukup curam.  Kamu harus berhati-hati saat melewatinya ya! Setelah sampai, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan dan perbukitan yang hijau dengan suasana sejuk.

Di sebelah utara goa Goa Kreo  terdapat sebuah air terjun yang berasal dari sumber mata air yang deras dan tidak bisa kering walaupun musim kemarau tiba. Selain Goa Kreo, kamu juga bisa mengunjungi waduk pengendali yang ada di kota Semarang. Namanya waduk Jatibarang. Waduk Jatibarang memiliki luas 46,56 hektar. Kamu  juga bisa lho merasakan segar dan dinginnya air disini!

Fasilitas yang tersedia

Fasiliitas umum yang ada di wisata Goa Kreo sudah  cukup lengkap seperti fasilitas wisata lain pada umumnya.  Ada area parkir yang luas, toilet/kamar mandi, tempat bersantai atau beristirahat, warung-warung makan, dan sebagainya. Tersedia juga  speedboat yang akan membawamu mengitari waduk Jatibareng. Bagi kamu yang ini berfoto, disini  ada spot foto yang unik yaitu berfoto di atas awan. Eitss bukan awan beneran ya, melainkan busa yang bewarna putih dan halus seperti kapas.

Tarif masuk dan jam opeasional Goa Kreo

Hanya membayar 4 ribu rupiah saja, kamu bisa menikmati keindahan Goa Kreo. Untuk jam operasional, wisata Goa Kreo buka mulai pukul 5 pagi hingga pukul 6 sore.

Itu dia info menarik seputar wisata Goa Kreo. Penasaran dengan objek wisata yang satu ini? Yuk rencanakan liburanmu ke Goa Kreo.