Tahukah Anda? Inilah Manfaat Ikut Pelatihan Bisnis Online!

Pernahkah Anda mengikuti sebuah pelatihan bisnis online? Ternyata pelatihan itu tidak sekedar transfer ilmu atau pengetahuan, banyak manfaat yang bisa dirasakan. Terutama akan sangat berpengaruh terhadap bisnis yang sedang dijalankan, seperti bisnis paket usaha laundry. contohnya.

Pelatihan secara online biasanya dilaksanakan pada sebuah situs website atau media online lainnya. Anda atau karyawan lain bisa mendapatkan pelatihan dari mentor atau coach bisnis yang berpengalaman.

Selain dibimbing dalam urusan bisnis, Anda bisa berkesempatan untuk berdiskusi langsung dan belajar berbagai materi bisnis. Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari pelatihan yang diikuti.

 

Manfaat Pelatihan Bisnis Online

  • Menghemat biaya

Dalam hal ini biaya transport yang bisa Anda hemat karena pelatihan bisa diakses dari rumah. Biaya sekecil apapun dalam sebuah bisnis patut diperhitungkan terutama bagi para pebisnis pemula yang akan mengikuti pelatihan.

Anda atau karyawan lain yang mengikuti pelatihan tinggal duduk manis di depan laptop atau komputer. Yang terpenting adalah akses koneksi internet harus stabil agar tidak mengalami gangguan selama pelatihan berlangsung.

  • Produktivitas jadi lebih optimal

Karena pelatihan dilakukan secara online, itu berarti memangkas juga waktu yang dibutuhkan. Bayangkan jika pelatihan diadakan di sebuah kota, tentu membutuhkan waktu perjalanan, persiapan dan berbagai hal lain yang menyertainya.

Itu artinya pelatihan secara online bisa diikuti di jam kerja tanpa harus mengganggu pekerjaan secara keseluruhan.

  • Tidak perlu mengeluarkan biaya akomodasi

Selain biaya transport di atas, biaya akomodasi juga bisa diminimalisir. Pelatihan yang dilakukan secara offline membutuhkan tempat atau ruangan yang nyaman, jika dilakukan secara berulang tentu akan memakan biaya yang cukup besar.

  • Menghemat biaya trainer atau mentor

Ketika melakukan pelatihan bisnis secara offline, Anda perlu trainer yang bisa fulltime memberikan pelatihan di tempat Anda. Otomatis perlu honor untuk jasa pelatihannya, belum lagi biaya untuk perjalanannya.

Dengan pelatihan secara online, maka bisa mengurangi kebutuhan biaya tersebut. trainer atau mentor bisa memberikan pelatihan di waktu luangnya.

  • Mengurangi biaya material

Kertas, ballpoint, pensil dan handout pelatihan biasanya sering dibutuhkan selama pelatihan berlangsung. Jika pelatihannya secara online, semua itu bisa disediakan sendiri oleh para peserta.

Urusan hand-out, trainer atau mentor bisa memberikannya dalam bentuk soft file.

 

Pelatihan bisnis online merupakan hasil dari adanya perkembangan teknologi akhir-akhir ini. Dimana media internet menjadi corong kemajuan yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.