Tempat Penyimpanan Gambar Online Terbaik

Buat kamu yang suka foto dan punya banyak file gambar di hp, sudah punya tempat penyimpanan online belum ?

Saat ini banyak media penyimpanan online yang memiliki kapasitas besar untuk menampung file dan dokumen digital seperti gambar.

Umumnya pengguna smartphone hanya menyimpan file di kartu memori eksternal. Gak ada yang salah sih.. hanya saja jika file itu tidak dibackup dengan media lain, resiko hilangnya lebih besar jika terjadi kerusakan pada smartphone dan kartu memori .

Nah.. untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya kamu mulai memikirkan, pentingnya punya tempat penyimpanan online. Berikut rekomendasinya :

Google Photos

Google photos adalah layanan milik google yang dikhususkan untuk menyimpan file gambar. Google photos juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu pasang di smartphone.

Setiap pengguna HP android, umumnya dilengkapi dengan paket aplikasi bawaan akun google seperti gmail, chrome, drive, dan photos.

Nah.. melalui aplikasi inilah kamu bisa langsung backup foto dari HP ke google photos dengan cara menguploadnya. Pastikan koneksi internet kamu stabil yaa..

Jadi saat hpmu rusak, hilang atau error, kamu cukup gunakan HP lain dan login dengan akun yang kamu miliki, maka data-data foto yang sebelumnya sudah dibackup, akan bisa dikembalikan lagi.

 

Simak cara upload foto ke google

Google drive

Google drive ini sama seperti google photos, hanya saja drive lebih lengkap dan lebih banyak jenis file yang bisa dibackup. Tidak hanya gambar, tapi bermacam-macam extensi file bisa dibackup melalui google drive.

Google drive juga tersedia dalam bentuk aplikasi, tidak perlu repot buka laptop atau komputer untuk membackupnya. Cukup lakukan melalui smartphone kamu.

Cara kerjanya sama seperti Google photos, kamu perlu koneksi internet yang stabil untuk melakukan backup file, apalagi jika file yang kamu upload besar dan banyak.

Kapasitas google drive versi yang gratis sekitar 15 GB. Cukup banyak kalau digunakan untuk membackup file gambar.

Dropbox

Dropbox adalah media penyimpanan online mirip seperti Google Drive. Hanya saja dropbox bukan milik google.

Dropbox awalnya hanya tersedia dalam bentuk website. Artinya kamu harus buka laptop untuk melakukan backup. Tapi sekarang, seiring perkembangan teknologi, dropbox juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa dipasang di smartphone.

Cara kerjanya sama seperti google photos dan google drive.

Hingga saat ini, aplikasi dropbox telah didownload (dipasang/diinstal) lebih dari 500 juta pengguna dengan ulasan atau review sebanyak 2 juta. Wow sekali kan..

Flickr

Flickr merupakan salah satu media penyimpanan online tertua yang hingga saat ini masih banyak penggunanya.

Selain gratis, setiap user yang mendaftar akan mendapatkan akun dengan kapasitas simpan hingga 1000 GB.

Bagi kamu yang punya banyak koleksi foto di laptop atau di hp, cocok banget dibackup pakai flickr.

Flickr juga punya fitur berupa photo editor dimana kamu bisa edit foto secara online dan kemudian disimpan di album tertentu.

Setiap media penyimpanan online umumnya dilengkapi dengan fitur privacy, yang artinya setiap gambar yang kamu upload bisa disetting hanya untuk pribadi, orang lain tidak bisa melihatnya. Jadi gak usah khawatir dan takut jika fotomu dimanfaatkan orang lain.

Yang paling penting jika menggunakan media online, kamu harus simpan dan ingat baik – baik username, email dan password itu akun, karena jika kamu lupa.. bisa runyam urusannya..

Demikian informasi tentang tempat penyimpanan gambar online terbaik yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat yaa..

Temukan artikel menarik lainnya dengan mengunjungi pediansa, blog yang membahas berbagai macam info teknologi, komputer dan juga internet.