Tips Memilih Kemasan Makanan yang Aman

Memilih kemasan makanan untuk bisnis anda memang terkadang menjadi satu hal yang cukup sulit dilakukan para pebisnis. Hal ini karena kemasan adalah salah satu hal yang terpenting dan paling diutamakan di dalam bisnis makanan. Hanya saja, yang membuat beberapa orang bingung dalam menentukan kemasan produk adalah karena bentuk dan ukuran yang tepat. Nah, untuk itu sebelum anda akan menentukan kemasan makanan yang akan digunakan, berikut ada beberapa tips memilih kemasan yang bisa membantu anda.

Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan Makanan 

Menyesuaikan ukuran dari produk dengan kemasan yang digunakan adalah salah satu tips paling utama saat akan memilih kemasan produk makanan. Usahakan menggunakan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Usahakan juga masih menyisakan ruang kosong yang ada pada kemasan produk anda. Ruang kosong ini bukan digunakan untuk mengisi produk agar terlihat banyak, namun tujuannya adalah untuk menghindari kerusakan produk pada kemasan karena kepenuhan. Dan biasanya perusahaan yang menjual produk kemasan memiliki beberapa ukuran kemasan makanan yang bisa dipilih sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Memilih Jenis Kemasan Makanan yang Sesuai Kebutuhan

Kemasan makanan sendiri memiliki beberapa jenis. Mulai dari kemasan transparan, kertas hingga plastik. Tentu saja semuanya harus disesuaikan dengan apa yang anda butuhkan. Itulah mengapa jika jenis makanan yang anda jual memiliki bentuk cair, maka gunakan kemasan dengan penutup yang rapat. Misalnya jika yang dijual adalah produk minuman maka akan lebih aman jika anda menggunakan botol sebagai kemasannya. Selain memang lebih praktis, sebenarnya menggunakan botol untuk kemasan bisa memiliki nilai jualnya. 

Gunakan Material Kemasan Makanan yang Tepat

Jika anda tidak ingin jika produk makanan anda berubah rasa ataupun basi, maka cobalah untuk menggunakan material yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan kemasan yang kedap udara. Dengan demikian maka akan mencegah terjadinya perubahan rasa dan aroma para produk anda. Misalnya untuk makanan frozen food anda bisa menggunakan material kemasan vakum sehingga makanan yang ada di dalamnya tahan lama. 

Pertimbangkan Fitur yang Ada pada Kemasan Anda

Sebenarnya Fitur yang ada pada kemasan makanan menjadi salah satu faktor anda bisa memilih kemasan ini atau tidak. Kemasan makanan setidaknya ada beberapa pilihan fitur, diantaranya adalah Vacuum, Zipper dan Valve. Tentu saja masing-masing fitur ini memiliki kelebihan sendiri. Untuk kemasan Vacuum biasanya digunakan dengan tujuan agar makanan yang ada di dalamnya lebih tahan lama atau masa kadaluarsa produk lebih lama.

Untuk kemasan Zipper digunakan untuk melindungi produk dari paparan sinar matahari karena secara umum biasanya menggunakan bahan Alumunium foil dan oksigen. Dan untuk fitur Valve, ini adalah kemasan makanan yang tepat digunakan untuk produk yang menggunakan gas. Kemasan ini memiliki peranan dalam mengeluarkan gas yang ada di dalam kemasan, namun udara yang ada di luar dari makanan tidak akan masuk ke dalam kemasan. 

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan pada saat akan menentukan kemasan makanan untuk produk bisnis anda. Pertimbangkan dengan matang, untuk mendapatkan kemasan yang memang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.