Tips Memilih Tempat Sampah yang Cocok Diletakkan di Rumah

Tempat sampah memang merupakan salah satu benda penting di dalam rumah. Selain berguna untuk menampung barang-barang yang sudah tidak terpakai, tempat sampah pun berguna untuk mencegah bakteri dan kuman supaya tidak menyebar di dalam rumah.

Memilih tempat sampah untuk diletakkan di dalam rumah memang bukanlah suatu hal yang sulit. Namun perlu kamu ketahui ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan tempat sampah apa yang akan kamu beli dari penjual tempat sampah.

Tempat sampah tersedia dalam beberapa ukuran, bentuk dan juga jenis, tergantung dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Kali ini ada beberapa tips yang bisa dicoba sebelum memutuskan untuk membeli tong sampah 3 warna.

Simak ulasannya berikut ini:

1. Menyesuaikan dengan ruangan

Tips-Memilih-Tempat-Sampah-yang-Cocok-Diletakkan-di-Rumah

Untuk memilih tempat sampah, kamu harus mempertimbangkan ruangan mana yang memerlukan tempat sampah, seperti misalnya kamar tidur. Untuk kamar tidur sebaiknya gunakan tempat sampah yang tidak terlalu besar dan memiliki penutup pada bagian atasnya. Hal ini karena biasanya saat di kamar tidur tidak terlalu sering membuang sampah dan sampah yang dibuang pun tidak terlalu kotor.

Kalau untuk di bagian dapur, kamu bisa menggunakan jenis tempat sampah dan bentuk yang berbeda. Ukurannya pun harus lebih besar, karena didapur akan membuang lebih banyak sampah, mulai dari padat sampai cair.

Pilih pula tempat sampah yang memiliki tutup di bagian atasnya, hal ini untuk mencegah supaya bau dari sampah tidak menyebar ke seluruh ruangan dapur. Alasan lainnya ialah supaya mencegah adanya lalat diatas tempat sampah dan menyebarkan kotoran dan kuman ke seluruh ruangan.

2. Menggunakan plastik untuk alas tempat sampah

Menggunakan kantong plastik sebagai alas untuk tempat sampah sangatlah penting supaya sampah tidak langsung menempel pada tempat sampah itu sendiri, dan hal ini pun memudahkan kamu saat akan membersihkan atau membuang sampah ketika sudah penuh. Kamu hanya perlu mengangkat sampah dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah utama. Setelah itu kamu bisa mencuci tempat sampah tanpa merasa jijik dan bau.

3. Memilah tempat sampah sesuai jenisnya

Mungkin kamu perlu memilih tempat sampah yang menyediakan opsi untuk berbagai jenis sampah yang akan dibuang. Misalnya sampah organik, anorganik. Cara ini banyak diterapkan di sebagian besar wilayah untuk mempermudah pengelolaan sampah, tidak heran jika banyak produsen tempat sampah yang menyediakan berbagai kebutuhan tempat sampah organik dan anorganik.

Sering disebut 3R sendiri adalah panduan yang disarankan untuk menciptakan kehidupan yang berkelanjutan. Kamu mungkin akan bertanya-tanya bagaimana bisa memasukan prinsip ini di dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya hal ini tidak sulit untuk diterapkan hanya saja kita harus membawa perubahan kecil di dalam gaya hidup harian untuk mengurangi limbah sehingga bisa mengurangi jejak karbon yang dapat berbahaya untuk kehidupan.

Dengan menolak membeli barang yang tidak dibutuhkan, menggunakan kembali barang lebih dari sekali, serta membuang barang yang tidak lagi digunakan di pusat daur ulang yang tepat, dengan ini kamu bisa ikut berkontribusi dalam keberlangsungan bumi yang lebih sehat.

Tujuan dari pemilahan sampah ini sendiri ialah untuk memudahkan dalam membuang sampah. Dan tentunya supaya sampah organik bisa dimanfaatkan kembali untuk didaur ulang menjadi kerajinan atau lainnya. Hanya perlu dikumpulkan lalu menjualnya ke tempat pemanfaatan sampah di lingkungan sekitar.