Wajib Tahu! 4 Pengertian CCTV Menurut Para Ahli

CCTV atau Closed Circuit Television bertujuan untuk mencegah kejahatan, memantau situasi, hingga menjadi barang bukti suatu pelanggaran atau kejahatan tertentu. Tak hanya itu, CCTV yang dipasang di sisi gedung secara tak langsung dapat meningkatkan kinerja karyawan agar bekerja lebih giat. Namun apa pengertian CCTV? Inilah pengertian CCTV menurut para ahli yang wajib diketahui.

Pengertian CCTV Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengutarakan pengertian CCTV, diantaranya:

  1. CCTV merupakan alat untuk mengeksplorasi seni observasi dimana nantinya dapat menemukan hal-hal luar biasa pada lokasi yang memungkinkan segala kejadian. Fotografi dapat menjadikan suatu tempat dengan visual yang biasa menjadi suatu hal unik dan klasik. CCTV juga dapat menjadi suatu bentuk perbedaan antara sebagian orang lihat dengan apa yang Anda lihat. (Elliot Erwint)
     
  2. CCTV merupakan suatu media audio visual yang kuat. CCTV sangat menawarkan beragam persepsi yang dapat menjadi suatu interpretasi serta eksekusi tak terbatas. CCTV juga dapat menjadi suatu bentuk dari pemonitoran dan kamera pengamanan dari seluruh kejadian. (Ansel Adams)
     
  3. CCTV merupakan suatu bentuk alat untuk memfoto dan merekam seluruh kejadian yang terjadi di suatu lokasi atau tempat. (Amir Hamzah)
     
  4. CCTV adalah suatu alat perekaman dimana memanfaatkan satu atau lebih kamera video serta menghasilkan data berupa audio dan video. CCTV bermanfaat sebagai alat yang mampu merekam seluruh aktifitas jarak jauh tanpa ada batasan jarak.

Wajib Tahu! 4 Pengertian CCTV Menurut Para Ahli

CCTV dapat merekam dan memantau seluruh aktivitas yang terjadi di  suatu  lokasi atau tempat pengamatan menggunakan PC atau laptop secara   real time dari mana saja, dan mampu merekam seluruh  kejadian  selama 24 jam atau dapat juga merekam ketika terdapat  suatu gerakan dari lokasi yang terpantau. (Herman Dwi Surjono)

Jenis-Jenis CCTV

Setelah mengetahui pengertian CCTV menurut para ahli, berikut ini beberapa jenis CCTV mulai dari kamera dome hingga kamera bullet.

1. Kamera Dome

CCTV jenis dome atau kubah paling sering ditemukan di pertokoan hingga perkantoran. Kamera dome dibuat dengan tujuan agar arah pergerakan CCTV tidak terlihat, namun ada pula kamera yang dijual dengan jenis kamera tetap atau mengarah pada satu arah. Sedangkan jenis kamera dome yang dapat diputar disebut dengan Speed Dome.

2. Kamera Ptz

Kamera PTZ atau Pan Tilt Zoom, adalah CCTV yang mampu bergerak ke arah kiri, kanan, atas, bawah, dan kemampuannya untuk memperbesar gambar. Umumnya jenis CCTV ini digunakan untuk memantau area dengan lokasi yang luas, contohnya tempat parkir terbuka atau bandara.

3. Kamera Bullet

Kamera bullet memiliki bentuk yang mirip seperti peluru, tidak memiliki keunggulan pan, tilt, atau zoom. Jenis CCTV yang satu ini dapat digunakan di dalam ataupun luar ruangan, karena keunggulannya yang tahan air.

Demikianlah pengertian CCTV menurut para ahli yang wajib diketahui. 

Jika kamu masih bingung untuk memilih jenis kamera cctv yang pas buat rumah, bisa langsung konsultasi ke teknisi cctv daerah jakarta yang terbaik dan terpercaya. Jadi jangan sampai terlewat semua berita yang ada di sini.