Warung Kopi Purnama Wisata Kuliner Bandung Favorit Backpaker

Tepat di daerah Jl. Alkateri yang merupakan salah satu kawasan Pecinan di Bandung, masih dapat terlihat bangunan bangunan tua yang terjaga dengan baik, hampir setiap bangunan menggunakan cat warna coklat . Seakan akan membuat kita kembali ke masa masa kolonial Belanda dulu. Diantara deretan penjual gorden, material dan pigura ada warung kopi yang hanya satu satunya disana. Yaitu Warung kopi Purnama Bandung yang hampir terlihat sama seperti deretan bangunan yang ada di jalan itu. Warung kopi ini telah ada sejak tahun 1930an ketika Indonesia masih di bawah pemerintahan Belanda, dan dibangun oleh salah seorang lelaki asal Medan bernama Yong A Thong yang telah hijrah ke kota Bandung.

warung kopi purnama

Sampai saat ini Warung kopi Purnama telah dikelola oleh generasi ke 4 dan merupakan wisata kuliner Bandung tertua. Di tengah tengah kecanggihan mesin penggilingan saat ini, Warung kopi Purnama masih mempertahankan resep asli dan cita rasa kualitas kopinya dengan olahan tradisional, makanya tidak mengherankan jika warung kopi ini masih bertahan hingga sekarang.

Beraneka ragam menu yang dijual untuk melengkapi kenikmatan kopi khas ini, seperti camilan roti dadar ham, roti selai srikaya, dan lumpia goreng. Makanan berat pun tidak ketinggalan menyempurnakan daftar menu Warung kopi Purnama seperti gado gado, bubur ayam, dan nasi Lengko. Untuk makanan di warung kopi ini mengandalkan Roti Selai Srikaya sebagai makanan khasnya, dengan tampilan roti tawar tebal dan padat dan di oleskan selai srikaya hampir di seluruh bagian roti. Untuk menemani santapan roti tawar jangan lupa memesan secangkir kopi susu panas yang katanya merupakan produksi dari Pabrik Kopi Aroma yang namanya sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kopi.

Tak mengherankan jika Warung kopi Purnama yang merupakan warung kopi tertua di Bandung ini gemari oleh berbagai kalangan. Selain itu tepat di depan Warung kopi Purnama ada sebuah gerobak Mie Kocok yang tidak kalah populernya dikalangan pecinta wisata kuliner Bandung, mie Kocok ini merupakan sangat berpengalaman dalam menyajikan mie dan sudah ada sejak tahun 1980an.

Sumber: https://explorewisata.com/